SelayangNews.com, Dumai – Pastikan kebutuhan pengungsi tercukupi, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Dumai Ibu Hajjah Haslinar S.sos, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Dumai Dameria, SKM, M.Si dan Kepala Dinas Sosial Kota Dumai Hasan Basri S.Kom Kota Dumai, Riau kunjungi posko pengungsi korban banjir di Kelurahan Bintan Kecamatan Dumai Kota, Kota Dumai, Riau dan Kelurahan Bumi Ayu, Dumai Selatan, Kota Dumai, Riau Selasa (16/10/2018).

Hadir pula Sekda Kota Dumai, Kadis Sosial, Kadis Perlindungan Anak dan Perempuan, Camat Dumai Kota, Camat Dumai Selatan, Lurah Dumai Kota dan para pejabat lainnya.

“Saya lihat pengungsi yang ada di posko Kantor Lurah Bintan sudah ditangani dengan baik oleh Camat Dumai Kota dan Lurah Dumai Kota. Juga dari dinas, mereka sudah memberikan respon cepat,” kata Ibu Hajjah Haslinar Zulkifli AS.

Meski demikian, Ibu Hajjah Haslinar S.sos ingin melihat kondisi obyektif di lapangan. Itu sebabnya ia langsung turun melihat ke posko korban banjir dan sempat berbincang-bincang dengan sejumlah pengungsi yang ada di dua Kecamatan Kota Dumai, Riau yaitu kecamatan Dumai Kota  dan Kecamatan Dumai Selatan

“Saya ingin melihat apa saja kebutuhan yang memang masih diperlukan pengungsi. Terutama anak-anak, mereka butuh buku, alat tulis, sebab banyak terendam banjir dan permainan supaya trauma banjir bisa dihilangkan,” tambah Ibu Hajjah Haslinar S.sos

Menurutnya, menghadapi pasca banjir ini perlunya kegotong royongan dari semua instansi. Apalagi paska banjir biasanya muncul penyakit yang menghantui warga.

“Mengenai penyakit yang melanda korban pengungsi, nantinya juga ada dokter dari Dinas kesehatan yang malayani dengan hati. Jadi ini semua sudah baik ya,” paparnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Dumai Hajjah Haslinar Zulkifli AS mengungkapkan, untuk edukasi dan penyuluhan bagi anak-anak korban banjir, pihaknya akan bekerjasama dengan Instansi terkait. ”Kita akan bekerjasama dengan Instansi terkait guna penyuluhan serta pemberian edukasi, agar anak- anak terhibur, enggak trauma lagi,” katanya.

Camat Dumai Kota menambahkan, di kantor lurah bintan kita jadikan posko banjir, dan kebutuhan para pengungsi seperti susu indomilk, selimut kain, beras untuk korban banjir di kelurahan bintan dan sekitarnya ” ujar nya

Saat media SelayangNews.com wawancara Sekda Kota Dumai, M. Nasir di kelurahan Bumi Ayu, Kecamatan Dumai Selatan ada 150 jiwa penduduk terkena banjir, tenda-tenda untuk pengungsi pun sudah ada semua begitu juga kebutuhan pengungsi.