SelayangNews.com, Dumai – Sekretaris Daerah Kota Dumai Dr.H.M. Herdi Salioso SE. MA membuka secara langsung Bimtek dan sosialisasi implementasi E-kinerja di lingkungan pemerintahan kota dumai TA.2019 di gedung media center pemko Dumai jalan Putri Tujuh Kelurahan Teluk Binja, Kecamatan Dumai Timur Kota Dumai. Selasa (26/11/2019).

Tampak Hadir dalam kegiatan tersebut, sekda Kota Dumai Dr.H.M. Herdi Salioso SE. MA, Kaban BKPSDM pemko Dumai Heri Nasrizal, Narasumber dari ESDM provinsi Riau, beserta perwakilan dinas-dinas PNS se-pemerintahan Kota Dumai.

Sekretaris Daerah Kota Dumai Dr.H.M. Herdi Salioso. SE. MA Mengatakan,”tujuan diadakan Bimtek implementasi e-kinerja terwujudnya penilaian terhadap prestasi kinerja PNS dan dapat merobah mainset yang selama ini bekerja belum sesuai dengan yang diharapkan.

Lanjutnya,”kedepan dengan adanya Bimtek dan Sosialisasi Implementasi, kinerja pegawai negeri sipil dapat meningkatkan kemampuan tugas dan tanggung jawabnya dalam melayani masyarakat di wilayah mereka bekerja dan untuk meningkatkan intensitas pegawai di pemko Dumai,”ujarnya

Selain itu, Aplikasi tersebut juga dapat mempermudah pejabat struktural dalam proses monitoring, evaluasi, dan pengawasan kinerja serta penilaian perilaku kerja staff atau bawahannya.

Sekda kota Dumai juga menerangkan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman kepada ASN tentang Penerapan E-Kinerja. Hal itu dilakukan demi menjamin objektifitas pembinaan ASN yang didasarkan pada sistem prestasi kerja dan sistem karir.

ASN memiliki posisi strategis dalam pemerintahan, sehingga dituntut mengembangkan kompetensi dalam melaksanakan tugasnya,” tutur sekdako Dumai Herdi diakhir penutup

Ditempat yang sama kabid P2KP Swastika Magdalena S.STP, M.Dev Menyebutkan,”aplikasi e-Kinerja tujuannya untuk mempermudah PNS dalam mencatat hasil kegiatan tugas jabatan masing-masing PNS sesuai dengan tupoksi masing-masing PNS.

Kedepan, pelaporan kinerja kita juga semakin komplit karena berbasis SKP dan terintegrasi dengan finger print atau absensi,” ucapnya.

Narasumber ESDM Provinsi Riau Yuhazmi Dartius, S.Kom mengatakan,”dengan adanya Aplikasi E- Kinerja berbasis online tersebut akan memuat catatan atau tugas harian semua aparatur sipil negara. Ini karena, ASN wajib menyusun rencana SKP tahunan, membagi SKP tahunan menjadi target kerja bulanan, dan membuat laporan tugas harian yang langsung diperiksa atasan.”pungkasnya.

“Sehingga E- kinerja tersebut mempermudah pimpinan mengontrol dan mengawasi kinerja bawahannya dan juga tentunya hal ini dapat berdampak positif bagi ASN dalam memperbaiki kinerja dan kedisiplinan, sehingga ASN dapat berkerja maksimal sesuai dengan apa yang diharapkan.”ujar Yuhazmi.

Editor : Syarifah