SelayangNews.com, Baubau – Badan Penanggunalan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau bersama Relawan Tanggap Bencana Kota Baubau, menggalang bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Hal itu disampaikan oleh Kepala BPBD Kota Baubau, La Ode Muslimin Hibali, SE.,M.Si , Minggu (1/10/2018).

“Kegiatan Penggalangan Bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian BPBD dan Masyarakat baubau sebagai tugas kemanusian pasca gempa di palu beberapa waktu lalu, untuk itu kami berinisiatif untuk membuka Posko Peduli Korban Gempa dan Tsunami Palu-Donggala. Posko ini untuk menampung bantuan dari seluruh masyarakat yang peduli atas peristiwa tersebut,” Kata Muslimin.

Hingga sore ini untuk sumbangan bantuan yang terkumpul dari Kantor BPBD Kota baubau sebanyak 3 ton barang, yang terdiri dari beras, Mie instan, Air Mineral, pakaian layak pakai dan obat-obatan. Sedangkan Masyarakat kota baubau sendiri telah berhasil menggalang bantuan sebanyak 5 Ton Barang, berupa sandang pangan yang siap disalurkan kepada warga korban gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala.

“Hingga sore ini untuk sumbangan bantuan yang terkumpul dari Kantor BPBD Kota baubau sebanyak 3 ton barang, yang terdiri dari beras, Mie instan, Air Mineral, pakaian layak pakai dan obat-obatan. Sedangkan Masyarakat sendiri telah berhasil menggalang bantuan sebanyak 5 Ton Barang, berupa sandang pangan yang siap disalurkan kepada warga korban gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala”, cetusnya

Untuk mengangkut bantuan tersebut, Pihak BPBD Kota Baubau memilih untuk menggunakan jalur laut menuju Makassar, karena pemerintah telah menyiapkan Kapal PELNI menuju Palu.

Sebelumnya direncanakan penyaluran bantuan akan menempuh jalur darat, namun saat ini sangat berresiko karena diperjalanan, warga korban bencana sudah menjarah bantuan melalui jalur darat dan tidak lagi terkendali.

“Untuk mengangkut bantuan tersebut, Pihak kami memilih untuk menggunakan jalur laut menuju Makassar, karena disana telah disiapkan Kapal Pelayaran Nasional (PELNI) menuju Palu. Sebelumnya kami merencanakan lewat darat, namun saat ini sudah sangat beresiko karena diperjalanan, warga palu yang korban bencana sudah nekat menjarah bantuan melalui jalur darat dan tidak lagi terkendali”, Tutupnya

Adapun Masyarakat yang ingin mengirimkan bantuan kepada korban gempa dan tsunami di Palu daj Donggala, dapat mengunjungi Posko Tanggap Bencana dengan alamat Posko Bantuan: Kantor BPBD Kota Baubau, Alamat jalan. Bakti ABRI, Kelurahan Bukit Wolio Indah, Kecamatan Wolio.