SelayangNews.com, Dumai –  Semenjak COVID-19 mewabah di seluruh Indonesia, bahkan di kota Dumai. Tentu hal ini mempersulit warga ekonomi kebawah dalam memenuhi kebutuhan makanan.

Berangkat dari masalah itu, Ketua TP-PKK Kota Dumai ibu Hj. Haslinar Zulkifli As berinisiatif membuat dapur umum di bantu dengan Tagana dan BNPB Kota Dumai untuk mencukupi kebutuhan makanan siap saji untuk berbuka puasa bagi warga yang sangat membutuhkan.

Foto : Tampak Abang Becak Terharu Saat Relawan Dapur Umum TP-PKK Kota Dumai Peduli Covid-19 Memberikan Nasi Bungkus, di Kelurahan Rimba Sekampung, Kecamatan Dumai Kota.

Memenuhi ratusan porsi makanan setiap hari untuk warga Dumai saat berbuka puasa yang sangat membutuhkan, tentu saja bukan pekerjaan mudah. Pasokan bahan makanan seperti daging, sayur, ayam, dan bumbu-bumbu, harus dipastikan ketersediaannya oleh Dapur Umum TP-PKK Kota Dumai Peduki Covid-19

Di masa-masa normal, bahan masakan tidak perlu dirisaukan. Semua serba mudah didapat. Tapi pada saat pandemi virus korona seperti saat ini, rasanya semuanya belum tentu gampang. Mengikuti ketentuan pemerintah, semua pihak diminta tinggal di rumah. Aktivitas di luar, termasuk jam operasional sentra-sentra ekonomi seperti pasar, ikut dibatasi.

Foto : Tampak Seorang Warga Yang Kondisi nya Susah Berjalan Diberikan Nasi Bungkus Oleh Relawan TP-PKK Kota Dumai Peduli Covid-19, di Kelurahan Jaya Mukti, Kecamatan Dumai Timur.

Padahal kebutuhan bahan masakan cukup besar. “Untuk 500 porsi makanan siap saji, kami butuhkan banyak bahan makanan. Untuk beras kita siapkan beras, daging, kemudian ayam. Belum nanti untuk sayuran,” kata Ketua TP-PKK Kota Dumai, ibu Hj Haslinar Zulkifli As. Senin 18 Mei 2020.

Tapi ibu Hj. Haslinar dan tim Dapur Umum punya kiat tersendiri. “Memang tidak mudah mengadakan bahan masakan. Misalnya daging, bisa saja tidak kami dapatkan. Tapi kami biasanya mencari bahan pengganti bila tidak ada. Misalnya dengan ikan,” katanya.

Selain ingin berbagi kepada yang sangat membutuhkan, dapur umum ini juga bermanfaat untuk memupuk jasa kebajikan karena merasa empati, sehingga berinisiatif membantu masyarakat,” ungkapnya

Profesi bekerja sebagai Kepala masak untuk acara-acara pesta pernikahan, sunatan dan acara-acara yang butuh masakan dalam porsi banyak, sejak pandemi Covid-19, dimulai maret 2020, banyak jadwal acara-acara pesta yang batal dilaksanakan,
dan berimbas kepada dirinya, karena batal dapat job sebagai kepala masak karena terdampak akibat pandemi Covid-19.

“Saya merasakan tidak lagi ada pemasukan
untuk biaya makan sehari-sehari, mengharapkan uang dari hasil tarikan becak, yang juga sepi pelanggan dan ketika ikut bergabung di dapur umum TP-PKK sebagai juru masak, saya sangat senang, karena dapur umum membantu penyediaan makanan sehari-hari selama 2 minggu ini,”ucap uni sambil berlinang air mata. Senin 18 Mei 2020. Jalan Bintan, kelurahan Sukajadi, kecamatan Dumai Kota.

“Saya sangat berterima kasih kepada Bunda Haslinar. Dan alhamdulillah juga, sebagai warga yang terdampak Covid-19, saya juga mendapatkan BST,  yang sudah diterimanya melalui pengambilan di Kantor Pos Dumai.

Ucapan terimakasih tidak hanya semua warga, namun warga Dumai RT 15 Bukit Timah kilometer 3 kecamatan Dumai selatan juga mengucapkan terimakasih atas makan siap saji untuk berbuka puasa yang di sajikan oleh dapur umum TP-PKK Kota Dumai Peduli Covid-19

“Mewakili dari RT 15 Bukit Timah kilometer 3, saya mengucapkan ribuan terimakasih atas pemberian sepaket makanan berbuka dari rezeki nya dapur umum, semoga bunda dan timnya selalu dalam lindungan Allah SWT dan sukses dunia akhirat, makanannya enak sekali”, ucap Nyaik

Editor : Syarifah