SelayangNews.com, Jakarta – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pergerakan Seluruh Advokad Indonesia (Persadi) Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta membuka Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) tahun 2021 untuk mencetak tenaga pengacara yang profesional.

Pendidikan PKPA tersebut, dilaksanakan di Daerah Jakarta Pusat Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Jakarta Timur.

“Kami mempersilahkan siapa saja mau ikut bergabung PKPA Persadi. Persadi bekerja sama dengan perguruan tinggi yang ada Di DKI Jakarta,” kata Iskandar Halim Munthe SH MH, Rabu (22/9/2021).

Kemudian, sebut Iskandar, mempersiapkan penyelenggarakan Ujian Profesi Advokat (UPA) dan pengajuan Sumpah/Janji calon Advokat Persadi dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, dengan tetap berkoordinasi dengan DPN Persadi yang membidangi hal itu.

“Profesi kepengacaraan semakin banyak diminati masyarakat, khususnya bagi alumni sarjana hukum. Namun pendidikan khusus untuk profesi advokat,” kata Iskandar.

Iskandar menuturkan, materi yang akan dipelajari selama mengikuti pendidikan advokat di antaranya hukum acara perdata, praktik peradilan, praktik peradilan agama, masalah HAM, teknik berkontrak dan peradilan di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Selama pendidikan, para peserta PPKA akan dibimbing oleh doktor, baik dari akademisi, praktisi hukum, pengacara, atau pengurus Persadi tingkat nasional,” terang Iskandar.

Iskandar menyebutkan, pendidikan Khusus Profesi Advokat angkatan pertama tahun 2021, mereka akan belajar di Perguruan Tinggi DKI Jakarta.

“DPC Persadi Jakarta Timur resmi terbentuk setelah mendapatkan mandat pembentukan pengurus dari Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Persadi,” ujar Iskandar.

Berdasarkan mandat yang dikeluarkan 2 September 2021, oleh Ketua Umum DPN Persadi Syam Rani Daeng dan Sekretaris Jendral (Sekjend) Patar Sitanggang, terpilih sebagai Ketua DPC Persadi Jakarta Timur Iskandar Halim Munthe SH MH, Sekretaris Firmansyah SH dan Bendahara Jenferdi Purba SH, periode 2021 hingga 2026.

“Kami akan segera mempersiapkan sekretariat DPC Persadi Jakarta Timur yang representativ,sebagai sentral penghubung dan koordinasi sesama pengurus dan anggota DPC Persadi Jakarta Timur, dalam rangka perekrutan anggota baru dan untuk diterbitkan KTA Persadi,” kata Iskandar.

Halim mengatakan, segera melakukan konsulidasi sesama pengurus anggota DPC PERSADI Jakarta Timur DKI Jakarta dalam rangka membantu mempercepat pembentukan perekrutan anggota baru.

“Kita juga mempersiapkan acara pelantikan pengurus seperti tertera dalam surat keputusan ini,” tutup Iskandar.

(Anhar Rosal)