SelayangNews.com, Siak Sri Indrapura – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Direktur Keamanan dan Ketertiban Kemenkumham RI, Lilik Sujandi Bersama Kanwil Menkumham Provinsi Riau, Kepolisian Turun Langsung Ke TKP melakukan penyelidikan terkait kerusuhan berujung pembakaran Rutan Klas II B Siak, Riau, dini hari tadi. Direktur Keamanan dan Ketertiban Ditjenpas Lilik Sujandi mengatakan harus ada kejelasan kronologis dalam kejadian tersebut.

“Kami sedang melakukan pendalaman penyebab dan kronologisnya. Tim terdiri dari Ditjenpas, Itjen, Kanwil Riau dan Kepolisian setempat,” kata Lilik di Rutan Klas II B Siak, Riau, Sabtu, 11 Mei 2019.

Lilik Menjelaskan, berdasarkan info Dari Kepala Rutan Siak, kejadian bermula dari ditemukannya narkoba yang diduga jenis Sabu dalam lipatan baju warga binaan berinisial Y di blok wanita. Kemudian temuan tersebut langsung disampaikan kepada Kepala Rutan.

“Selanjutnya Karutan merespon info tersebut, dengan melakukan penggeledahan di blok wanita dengan petugas pengamanan. Setelah itu ia langsung berkoordinasi dengan Kasat Narkoba Polsek Siak, AKP Jaelani,” ungkap Lilik.

Menurut Lilik sekitar pukul 21.45 WIB, Kasat reskrim narkoba beserta anggotanya tiba di Rutan dan langsung melakukan pemeriksaan dan pengembangan. Setelah dilakukan penyelidikan intensif dan BAP, ditetapkan tiga tahanan berinisial IM, Z, dan D terbukti mengonsumsi narkoba.

“Selanjutnya pada pukul 00.35 WIB ketiga tahanan tersebut dimasukkan ke ruang hunian dengan pengawalan petugas. Sekitar pukul 01.10 WIB, terjadilan pemberontakan oleh tahanan yang menjebol pintu blok sel tahanan,” ungkap Lilik.

Atas kejadian tersebut, lanjut Lilik, kemudian petugas rutan langsung berkoordinasi dengan Pihak kepolisian dengan respon pengamanan lokasi hingga pagi hari.

Sumber : SIGAPNEWS CO.ID
Editor     : Syarifah