SelayangNews.com, Kabupaten Bogor – Ormas Gerakan Advokat dan Aktivis (GAAS) DPC Kabupaten Bogor gelar kegiatan halal bihalal dan silaturahmi di kantor sekretariat Jalan Raya Taman Pagelaran Blok Gg 1 No. 26 Ciomas Kabupaten Bogor, Minggu (23/05/2021).

Acara halal bihalal dan silaturahmi dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1442 H, agar para pengurus Ormas GAAS Kabupaten Bogor bisa menjalin tali silaturahmi yang lebih erat.

“Salah satu hal yang paling menarik dalam ajaran Islam ialah bahwa Islam tidak pernah datang pada suatu kebudayaan yang kosong, Islam selalu diberi warna oleh berbagai celupan dan kebudayaan lokal, ajaran Islam yang kita praktekkan di Indonesia seperti Halal bi halal ini adalah khazanah budaya lokal Indonesia. Maka dari itulah GAAS DPC Kabupaten Bogor hadir dan menghidupkan silaturahmi diantara sesama agar tercipta kekompakan dan persaudaraan yang semakin erat, ” ujar Ketua DPC GAAS Kabupaten Bogor Roi Lubis.

Roi menambahkan, disamping itu ada juga hal-hal yang sama di seluruh dunia, namun di negara-negara lain tidak ada acara seperti halal bil halal, yang demikian adalah budaya lokal guna mewarnai ajaran islam dan memberikan mozaik budaya Islam.

“Idul fitri adalah nilai ajaran Islam yang universal, lebaran adalah nilai lokal yang kita berikan kepada ‘Idul Fitri, karena itu jangan meminta dalil dari Al-Quran atau Sunah Nabi untuk lebaran ini. Warna-warna lokal yang diberikan oleh bangsa Indonesia seperti Halal bihalal, harus dipertahankan sebagai kontribusi kita untuk memperkaya khazanah budaya Islam dan bukan dibasmi atau di bid’ahkan,” imbuhnya.

“Dalam bidang pemikiran  dan budaya Islam, kita hampir tidak memberikan sumbangan apa-apa, sementara orang-orang Persia misalnya, bisa membanggakan diri mereka sebagai penyumbang terbesar dalam pemikiran Islam, Kita mengenal Imam al-Ghazali, al-Zamakhsari dan lain-lainnya, mereka hampir semuanya keturunan orang-orang Persia, “pungkas Roi.

Turut hadir juga dalam acara tersebut ketua DPC kota Depok yang menyampaikan
harapannya semoga dengan adanya Acara Halal bihalal ini bisa menambah erat hubungan tali silaturahmi antar pengurus DPC Kabupaten Bogor khususnya dan juga dengan DPD dan DPP. (Deni/Red).