Dumai, SelayangNews.com Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Dumai ke 23 Tahun, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Kota Dumai menggelar rapat Paripurna DPRD Kota Dumai, pada Rabu (27/4) di Ruang Rapat Paripurna Lantai 2, Sekretariat DPRD Kota Dumai.

Foto : Anggota DPRD Dumai

Rapat Paripurna dipimpin langsung Pimpinan DPRD Kota Dumai Mawardi, yang juga turut dihadiri Gubernur Riau dalam hal ini diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Riau Joni Irwan, Ketua DPRD Riau yang diwakili oleh Anggota DPRD Provinsi Riau dapil Dumai Abdul Kosim, Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Dumai Indra Gunawan, serta Jajaran Forkopimda Kota Dumai.

Rapat Paripurna memperingati HUT Kota Dumai ke-23 tahun diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang selanjutnya acara langsung dipimpin oleh Pimpinan DPRD Kota Dumai Mawardi.

Pimpinan Sidang mengungkapkan bahwa Kedatangan para hadirin disidang paripurna tersebut
mempunyai nilai yang sangat berarti bagi kami, karena disamping turut memeriahkan peringatan hari jadi Ke-23 Kota Dumai tahun 2022, juga sebagai salah satu wujud Kebersamaan, Persaudaraan serta pertemuan Silahturrahmi antara sesama.

“Insya Allah akan lebih mempererat jalinan kebersamaan dan kekerabatan, hubungan kita dalam membangun Kota Dumai yang lebih baik dan lebih sejahtera dimasa mendatang. Kepada para tamu kami yang hadir, patut kami sambut dengan perasaan suka cita, seperti ungkapan bijak orang Melayu : Orang Melayu bersikap terbuka; Menerima tamu bermanis muka; Menyambut yang datang berbaik sangka; Melayani orang berlapang dada,” ungkap Mawardi selaku pimpinan sidang.

Mawardi juga menyampaikan pembacaan sejarah singkat Pemerintahan Kota Dumai. Menurutnya, Melalui Peringatan Hari Jadi Kota Dumai ini, menunjukkan bahwa kita harus selalu dan akan terus menghargai dan mengenang estafeta pelaku sejarah perjuangan pembentukan daerah Kota Dumai sebagai daerah otonom, mulai dari perjuangan ditingkat Kecamatan, Kota Administratif sampai pada wadah terbentuknya komite reformasi masyarakat Dumai.

“Peringatan Hari Jadi Kota Dumai dapat kita jadikan sebagai tekad untuk mewujudkan Kota Dumai kearah yang kita cita-citakan bersama. Dalam usianya yang semakin dewasa tentunya telah banyak yang diperbuat dan ditingkatkan dalam menciptakan Kota Dumai kearah yang lebih baik lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Sekdako Dumai mengutarakan bahwa tema dari peringatan Hari Jadi ke-23 Kota Dumai Tahun 2022 yakni “Berkhidmat Menuju Kota Idaman”. Tema yang memiliki hubung kait yang erat dengan paralelisme antara RKPD dan RPJMD 2021-2026. Tema ini juga merupakan cerminan dari kontinuitas program yang diusung oleh tema-tema peringatan Hari Jadi Kota Dumai sebelumnya.

“Dengan visi “Terwujudnya Dumai Sebagai Kota Pelabuhan Dan Industri Yang Unggul Dan Bertumpu Pada Budaya Melayu” Tagline pembangunan tersebut kemudian dipertegas pula dengan prinsip-prinsip implementasi langsung yang menyentuh aspek-aspek vital kemaslahatan masyarakat yakni gerakan program unggulan Dumai Berkhidmat; yang mencakup Khidmat Kesehatan, Khidmat Pendidikan, Khidmat Infrastruktur, Khidmat Sosial Ekonomi, Khidmat Kebersihan Dan Khidmat Penerangan,” ungkap Indra Gunawan.

Disisi lain, Asisten III Setda Provinsi Riau mengajak seluruh hadirin untuk menyampaikan do’a bagi Tokoh-tokoh pelaku sejarah pendiri Kota Dumai yang telah berkorban dengan semangat juang tinggi dan tidak kenal lelah dalam memperjuangkan dan membangun negerinya.

“Apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas jasa dan pengabdian terbaik untuk Kota Dumai yang sama-sama kita cintai dan banggakan. Kita jadikan hari kelahiran Kota Dumai ini sebagai motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini, dengan karya dan prestasi, lalu kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja yang produktif dan inovatif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih bermarwah, maju dan sejahtera,” pungkasnya.

Editor : Syarifah