SelayangNews.com, Nias Selatan – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Forum Masyarakat Nias Selatan (Fornisel) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) Ke-III di Baga Hotel Lagundri, Kecamatan Luahagundre Maniamolo, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (25/06).

Munas DPP Fornisel itu dibuka secara resmi oleh Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia, Prof. Yasonna Hamonangan Laoly,SH.,M.Sc.,Ph.D., dan disertai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa,SH.,MH.

Acara Munas diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 25 s/d 26 Juni 2021, dan berlangsung secara virtual dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat. Hal ini dikatakan Barugamuri Dachi,SE.Ak.,M.Ak.,CPA., saat menyampaikan laporan selaku Ketua Panitia Munas Ke-III Fornisel.

Dalam rangkaian pelaksanaan Munas juga diisi dengan webinar tentang “Nias Selatan Menuju Bebas Narkoba 2025”, dengan peserta pamuda/pemudi milenial, dan sejumlah Kepala Desa di Kabupaten Nias Selatan.

Ketua Umum DPP Fornisel, Brigjen Pol Drs. Bahagia Dachi,SH.,MH., mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersusah payah ikut mendukung dan memberi kontribusi dalam rangka pelaksanaan Munas ke-III Fornisel tahun 2021.

“Sekali lagi saya katakan Fornisel adalah milik kita bersama. Fornisel bukan organisasi partai politik dan Fornisel murni adalah organisasi sosial yang memiliki visi dan misi untuk membangun kampung kita sekaligus memberikan masukan kepada pemerintah daerah untuk mewujudkan kemajuan,” ujar Bahagia Dachi melalui sambutannya

Fornisel merupakan salah satu wadah himpunan masyarakat Nias Selatan yang berada di Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi dan sekitarnya yang menyatakan berhimpun dan bersatu dalam wadah yang diberi nama Forum Nias Selatan yang didirikan di Jakarta pada tanggal 21 November 2010 sekaligus membentuk Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga sebagai landasan yuridis forum tersebut.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Selatan menyambut baik bahkan sangat berterima kasih karena memilih NIas Selatan sebagai tempat pelaksanaan Munas ke-III Fornisel yang diselenggarakan di Baga Hotel Lagundri, Kecamatan Luahagundre Maniamolo, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

Hal ini dikatakan oleh Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa,SH.,MH., saat menyampaikan sambutan pada acara Munas tersebut, Jumat (25/06). Wakil Bupati Nias Selatan mengawali sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seuruh DPP, DPD, dan DPC Fornsiel sebagai peserta Munas, baik yang hadir secara lurin (offline) maupun yang mengikuti secara daring (online).

Pihaknya menyatakan Pemerintah Daerah terbuka untuk menerima masukan dan bekerja sama dengan Fornisel untuk membangun Nias Selatan karena untuk membangun daerah tersebut tidak ada selain putra-putri Nias Selatan sendiri. Pemerintah Daerah dan DPRD tidak bisa menjalankan roda pemerintahan dengan baik tanpa dibarengi dengan dukungan dan kerja sama dari seluruh elemen masyarakat,” tandas Firman Giawa.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD, Pegangan Dakhi,S.Pd., mewakili Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Ketua Umum Fornisel dan seluruh jajarannya yang melaksanakan Munas ke-III Fornisel tahun ini di bumi Nias Selatan sebagai bukti kecintaan kita.

“Nias Selatan adalah rumah besar kita. Rumah besar ini tidak sanggup dipelihara, diurus dan dimajukan dengan hanya salah satu elemen masyarakat, tetapi rumah besar Nias Selatan kita ini akan lebih maju apabila seluruh elemen masyarakat, baik yang ada di Nias Selatan maupun di luar Nias Selatan memberi peran aktif untuk peduli dengan Nias Selatan,” harap Ketua Komisi III DPRD Nias Selatan, Pegangan Dakhi.

Bahagia Dachi Terpilih Jadi Ketua Umum Fornisel Periode 2021-2026

Musyawarah Nasional (Munas) ke-III Forum Nias Selatan  (Fornisel) menghasilkan kepengurusan yakni memilih dan menetapkan Brigjen Pol Drs. Bahagia Dachi,SH.,MH., Ketua Umum; Beeseokhi Ndruru, Sekretaris Umum dan Febriani Waruwu, Bendahara Umum, Periode 2021-2026.

Kepengurusan pada periode ini sama seperti kepengurusan pada hasil Munas ke-II Fornisel periode sebelumnya. Adapun tema Munas tahun ini, “Fornisel Siap Mendukung Pemerintah Daerah Dalam Membangun Nias Selatan. Meskipun penyelenggaraannya secara online dan offline, namun tidak mengurangi semangat pelaksanaan sesuai Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Fornisel.

Selain itu, hasil Munas ke-III Fornisel juga memilih dan menetapkan Disiplin F. Manao,SH.,MH.,D.Th., sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi Fornisel periode 2021-2026. Munas ke-III Fornisel yang digelar di Baga Hotel Lagundri Kecamatan Luahagundre Maniamolo, berjalan dengan aman, tertib, dan lancar serta berhasil hingga memilih dan menetapkan kepengurusan baru Fornisel periode 2021-2026.  Pidar Ndruru