SelayangNews.com, Dumai – Hari Laut Sedunia telah diperingati setiap tanggal 8 Juni sejak pengajuan pertama pada tahun 1992 oleh Kanada di Earth Summit di Rio de Janeiro, Brasil. Hari peringatan ini lalu disahkan oleh PBB pada akhir tahun 2008. Sejak tahun 2003, The Ocean Project telah mengoordinasikan hari peringatan ini dengan mengumpulkan para peserta setiap tahun.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (DPC HNSI) Kota Dumai ibu Nita Ariani menyampaikan,”Hari Laut Sedunia merupakan hari peringatan untuk menghargai laut-laut di dunia dengan merayakan hasil-hasil yang disediakan oleh samudra, seperti makanan laut dan kehidupan laut untuk akuarium, hewan peliharaan dan waktu untuk menghargai nilai intrinsik itu sendiri. Laut itu juga menyediakan jalur pelayaran untuk perdagangan internasional

‚ÄúSelamat Hari Laut Sedunia. Mulailah dengan sesuatu yang sederhana untuk menjaga laut kita dengan membuang sampah pada tempatnya dan jaga kelestarian laut demi keseimbangan alam dan kelangsungan kehidupan di masa depan,”ucap Ketua DPC HNSI Kota Dumai, ibu Nita Ariani di Jalan Prof Yamin. Gang Sriwedari. Kecamatan Dumai Barat. Selasa (8/21). Dumai. Riau.

Editor : Syarifah