SelayangNews.com, Dumai – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Dumai berkomitmen untuk melindungi para pelaku usaha lokal.

Sebab dengan adanya perlindungan maka diharapkan para pengusaha lokal dapat bersaing dengan pengusaha dari luar, sekaligus mampu mengembangkan potensi usahanya.

Meningkatkan pembinaan dunia usaha, mengembangkan dan mendorong pemerataan kesempatan yang seluas-luasnya bagi masyarakat pengusaha untuk ikut serta dalam pelaksanaan pembangunan di bidang ekonomi berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Kadin Sebagai kelembagaan ekonomi dan wadah pengusaha yg berdasarkan UU No 1 Th 1987.

Hal ini disampaikan Ketua Kadin Dumai Zulfan Ismaini di Kantor Kadin Dumai. Upaya itu (perlindungan) kami lakukan agar para pengusaha lokal di kota dumai dapat mengembangkan potensi usahanya, ucapnya. Di kantor Kadin, Jalan Kesehatan, Kota Dumai Riau. kamis (31/19).

Kedepan Kami berharap semua pihak perusahaan besar seperti PT Wilmar, PT Pertamina, PT PLN, PT Pelindo Dumai, dan perusahaan besar lainnya supaya berdayakan perusahaan lokal yang ada di Kota Dumai.mengupayakan pemerataan pembangunan usaha untuk meningkatkan peluang usaha di daerah agar memberikan kontribusi nyata untuk Dumai. Karena investasi di dumai ada tiga komponen yang terlibat yakni pengusaha internasional, nasional dan lokal. Dari sini kami ingin data ini dapat diperjelas,”tegasnya

Hal ini dipandang perlu lahirnya perda tentang Perlindungan Pengusaha Lokal agar tidak terkikis dengan kehadiran para investor dan perusahaan luar.

Banyak perusahaan dan industri besar yang memunculkan anak perusahaan untuk menjadi Main cont dan Sub Cont diperusahaan tersebut sehingga peluang perusahaan lokal tertutup.

Menyikapi persaingan yang tidak sehat tersebut Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Dumai akan berkoordinasi ke KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha) di Batam dan Ombudsman RI perwakilan Riau di Pekanbaru.

Editor : Syarifah