SelayangNews.com, Kabupaten Bogor – Semakin tingginya kasus covid-19 dalam beberapa pekan ini, membuat Pemerintah Indonesia bergerak cepat dengan menerapkan PPKM Darurat serta terus menggiatkan vaksinasi bagi seluruh warga negara, Pemerintah juga tahun lalu telah membuat satu kebijakan melalui Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 84 Tahun 2020 tentang pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan Pandemi Covid-19.

Pelaksanaan Vaksinasi tersebut salah satu nya terus dilaksanakan oleh Yonkes 1/1 Kostrad bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, bertempat di Klinik Batalyon Kesehatan, Jalan Cimandala, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, Kamis (8/07/2021).

Dalam keterangannya, Kepala Klinik Yonkes 1 Kostrad, Dokter Yudho menyampaikan bahwa Vaksinasi Vaksin Covid-19 ini merupakan Program Pemerintah dalam menangani penanggulangan pandemi Covid-19.

“Vaksinasi terus akan kita laksanakan hampir setiap hari dalam minggu ini, bagi seluruh warga mulai usia 12 tahun,” ujarnya.

Untuk pelaksanaan vaksinasi tersebut dibantu oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, dengan diwakilkan dari 3 Puskesmas yaitu Puskemas Cimandala, Cilebut, dan Puskesmas Sukaraja.

Dokter Yudho juga memaparkan maksud dan tujuan  Vaksinasi Covid-19 adalah untuk menanggulangi pandemi, agar segera tercapai Herd Immunity supaya negara kita segera terbebas dan keadaan bisa normal kembali, juga sebagai contoh untuk masyarakat dalam menepis keraguan tentang vaksin Covid-19, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang ragu untuk divaksinasi.

Selain masyarakat juga perlu tahu bahwa pemerintah memberikan vaksin  demi kebaikan warganya dan sudah melalui tahap uji klinis, maka vaksin Covid-19 itu aman dan  Halal.

Sementara itu, para pengurus Karang Taruna Desa Pasir Jambu Kecamatan Sukaraja yang hadir sebagai peserta mengaku sangat bersyukur dan menyampaikan terimakasih kepada jajaran Klinik Yonkes 1 Kostrad yang telah memfasilitasi untuk memberikan vaksin kepada para pengurus Karang Taruna.

“Alhamdulillah kami dari pengurus Karang Taruna Desa Pasir Jambu hari ini telah selesai mendapat vaksinasi, sedari awal kami memang mendukung program vaksinasi dari pemerintah,dan terus menyampaikan kepada warga masyarakat di lingkungan kami untuk tidak ragu di vaksin, Insha Allah yang kami rasakan setelah di vaksin tidak ada efek samping, sangat aman,” ujar Iyus Ruslan, Ketua Katar Kecamatan Sukaraja.

Diakhir giat Vaksinasi Dokter Yudho kembali mengingatkan kepada seluruh jajarannya dan masyarakat, bahwa Vaksinasi bukan berarti tidak lagi menerapkan prokes.

“Meskipun sudah divaksin, kita semua tetap mematuhi protokol kesehatan 5M seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” Tutupnya.( AS/Red)