SelayangNews.com, Jakarta – Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD, kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana alam gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kepala Penerangan Kopassus Letkol Czi Denden Sumarlin menuturkan, paska terjadinya gempa bumi pertama yang mengguncang Lombok pada 29 Juli 2018 lalu, disusul gempa-gempa berikutnya yang terjadi hingga beberapa kali, Kopassus senantiasa tanggap dan sigap melakukan berbagai langkah untuk membantu masyarakat yang menjadi korban.

“Seperti hari ini, kami kembali mengirimkan bantuan hasil penggalangan yang dilakukan dari berbagai sumber, baik dari instansi sipil, perusahaan, organisasi kemanusiaan maupun masyarakat lainnya. Dan untuk mempercepat penyalurannya, Kopassus bekerjasama dengan perusahaan ekspedisi angkutan udara,” terang Letkol Czi Denden Sumarlin, Senin (24/9/2018).

Lebih lanjut arbituren Akmil 1998 ini memaparkan, total bantuan yang berhasil dihimpun dan disalurkan hari ini totalnya mencapai 11 ton dengan rincian, 100 unit tenda, 1.150 kain batik panjang, 3 koli selimut, 400 dus pembalut wanita, makanan, obat-obatan, selimut dan aneka keperluan sehari-hari yang sangat dibutuhkan.

“Bantuan tersebut diserahkan oleh Kopassus kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Selanjutnya, oleh BNPB bantuan tersebut akan diteruskan kepada Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” tandasnya.

Ditambahkan olehnya, Kopassus sangat berterima kasih atas partisipasi dan kepedulian semua kalangan, sehingga bantuan ini dapat terkumpul dan didistribusikan. “Harapannya, dapat membantu mengurangi beban masyarakat Lombok yang tertimpa musibah. Dan, ini salah satu bentuk sinergi dan kepedulian TNI dengan masyarakat, untuk membantu meringankan beban masyarakat lain yang terkena musibah,” pungkasnya.