SelayangNews.com, Dumai – Kelurahan Basilam Baru Kecamatan Sungai Sembilan mewakili Kota Dumai akan mengikuti Lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tahun 2019.

Penilaian dilaksanakan Senin (22/7/2019) bersamaan dengan peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG – PKK) Ke-47 Tingkat Kota Dumai tahun 2019, bertempat di kantor Lurah Basilam Baru Kecamatan Sungai Sembilan.

Kelurahan Basilam Baru sudah diputuskan menjadi kelurahan terbaik ditingkat Kota Dumai, selanjutnya akan diklarifikasi untuk lomba tingkat Provinsi Riau.

Peringatan dihadiri dan dibuka Walikota Dumai yang diwakili oleh Staf Ahli Setdako Dumai H. Syamsudin. Pembukaan ditandai pemukulan gong oleh H. Syamsudin didampingi oleh Ketua Tim Penilai Provinsi Riau Prof. Ir. Kristopel Sipautar dan Ketua PKK Kota Dumai Hj. Haslinar Zulkifli As, S.Sos, M.Si beserta Forkompinda.

Ketua Penggerak PKK Kota Dumai ibu Hj. Haslinar mengemukakan bahwa kegiatan BBGRM dan HKG-PKK bukan sekedar kegiatan rutin tahunan dan seremonial semata. “Lebih dari itu kegiatan ini dapat menimbulkan gelora, membawa semangat baru, dan energi baru pada setiap gerak langkah PKK. Semangat yang bergelora itu harus senantiasa kita miliki. Karena tim PPK sebagai mitra kerja pemerintah harus mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif,” ujar Hj. Haslinar.

Saat ini, lanjut Haslinar, kita hidup di era demokrasi yang secara bersamaan diiringi juga arus globalisasi dan kemajuan teknologi informasi. Segala macam informasi dan berita tanpa sekat, sehingga berbagai informasi itu dengan mudah dapat masuk ke anggota keluarga.

“Karenanya saya mengharapkan agar Tim Penggerak PKK mau dan mampu menjaga keluarga-keluarga yang menjadi kelompok sasaran pembinaan sehingga keluarga menjadi benteng utama dan pertama bagi pertahanan keluarga. “ Sebut ibu Hj. Haslinar.

Sementara itu di tempat yang sama Ketua Tim Penilai Provinsi Riau Prof. Ir. Kristopel Sipautar pada kesempatan tersebut menyebut, bahwa gotong royong merupakan bagian budaya bangsa Indonesia semenjak dahulu kala. Namun saat ini mengalami penurunan kualitas, quantitas serta intensitas. Oleh karena itu, tujuan dilakukannya penilaian lomba kegiatan gotong royong masyarakat ini adalah untuk menstimulat, memotivasi, dan pelestarian nilai-nilai gotong royong ditingkat masyarakat.

“Kami sebagai tim penilai dari Provinsi Riau mengucapkan terima kasih dan apresiasi  setinggi-tingginya kepada masyarakat dan Pemerintah Kota Dumai atas keramahtamahannya. Khususnya masyarakat Kelurahan Basilam Baru yang menerima kehadiran kami, untuk kami melaksanakan klarifikasi penilaian kegiatan BBGRM tingkat provinsi,” Ujar Kristopel.

Walikota Dumai yang diwakili Staf Ahli Setdako Dumai H. Syamsudin mengharapkan agar bergotong royong dapat melestarikan serta meningkatkan nilai-nilai kerjasama yang tumbuh dan berkembang di masyarakat dalam upaya mewujudkan semangat kebersamaan dalam rangka melanjutkan masyarakat yang mandiri dan makmur madani.

Rangkaian kegiatan BBGRM dan HKG – PKK dilanjutkan dengan pembagian hadian lomba gotong-royong tingkat provinsi mau pun tingkat kota. Hadir dalam acara tersebut Perwakilan Polres Dumai, Perwakilan Kodim 0320 Dumai, Perwakilan Lanal Dumai, Kapolsek Sungai Sembilan, Perwakilan Kantor Pengadilan Dumai, Ketua GOW Kota Dumai beserta anggota, Lurah se-Kecamatan Sungai Sembilan, Camat se-Kota Dumai, anggota penggerak PKK Kota Dumai, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Editor : Syarifah
Sumber : Diskominfo Dumai