SelayangNews.com, Jakarta – Gaya Hidup Nasional Organisasi Media News Network Dan Perlindungan Sosial Untuk Jurnalis Menjadi Topik Pertemuan YPJI dan FWBB May 31, 2021

Forum Wartawan Bogor Bersatu (FWBB) terus memperkuat jaringan organisasi dan keanggotaan. Hal itu dilakukan sebagai upaya nyata dalam meningkatkan peran media di era digital dan sebagai bentuk solidaritas antar jurnalis di seluruh Indonesia.

Terkait hal ini, Ketua FWBB Iwan Boring dan Sekretaris Yusdiansyah menyambangi perwakilan berbagai Komunitas Wartawan di Jakarta dan Pengurus Yayasan Peduli Jurnalis Indonesia (YPJI), Minggu (30/05/2021).

Pertemuan yang berlangsung di sebuah Cafe Kawasan Jalan Kemang Utara ini berlangsung santai namun tetap terarah dengan berbagai agenda pembicaraan seputar dunia jurnalistik dan dinamika kerja para jurnalis.

Dalam kesempatan ini, Ketua FWBB dan Sekretaris menyampaikan maksud dan tujuan pertemuan ini antara lain adalah untuk memperkuat sinergi antara FWBB sebagai wadah organisasi para jurnalis di wilayah Kota dan kabupaten Bogor dengan komunitas para Jurnalis di Wilayah Jakarta, ini penting karena bagaimanapun Jakarta adalah Ibukota Negara, Pusat Pemerintahan dimana berbagai kebijakan dalam segala bidang dan berbagai isu akan sangat berpengaruh terhadap kondisi di daerah, terlebih Bogor sebagai wilayah penyangga, perannya menjadi sangat penting.

Menyikapi hal tersebut, Andi Arif, seorang jurnalis senior penggagas pendirian dan Ketua Umum Yayasan Peduli Jurnalis Indonesia menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada FWBB, dengan didampingi Wakil Ketua Umum Mambang Yazid Nasution dan beberapa perwakilan komunitas media Jakarta, juga menyambut baik maksud pengurus FWBB untuk bersinergi, baik dalam hal jaringan pemberitaan seperti ‘content sharing’, maupun dalam bidang perlindungan sosial bagi para jurnalis yang tergabung dalam organisasi FWBB.

“Untuk sinergi pemberitaan atau news network, kami sudah memiliki jaringan media dan jurnalis di berbagai wilayah, khususnya di Jakarta, jadi nanti bila ada konten berita dari FWBB yang menarik dan memiliki ‘News Value’ yang kuat akan bisa ditayangkan di jaringan media tersebut, dan bila diperlukan bisa ditindaklanjuti dengan mengkonfirmasi konten berita kepada pihak terkait serta berkompeten.
Sudah ada ratusan portal berita yang bergabung, sehingga bisa memperkuat jangkauan pembacanya, ” ujar Andi.

“Sedangkan untuk para wartawan, kami dari Yayasan Peduli Jurnalis Indonesia (YPJI) ‘concern’ untuk memberikan bantuan dalam bidang sosial seperti pemberian paket sembako, penggalangan dana untuk wartawan yang tertimpa musibah seperti sakit ataupun kondisi lainnya yang memerlukan perawatan. Akhir tahun lalu kita sudah bagikan ribuan paket sembako untuk komunitas dan organisasi jurnalis, bekerjasama dengan Kemensos, jadi yang bergabung di YPJI ini bukan jurnalis secara perorangan, tetapi komunitas atau organisasi jurnalisnya yang kita akomodir sehingga memudahkan dalam koordinasi dan distribusi bantuan,” jelasnya.

“Kami sangat ‘welcome’ jika FWBB ataupun komunitas wartawan lainnnya bergabung bersama YPJI, karena sesama jurnalis, apapun medianya, apapun organisasinya, kita tetap seperti keluarga besar, harus kompak, saling mendukung, saling membantu. Dengan kebersamaan kita akan lebih kuat, lebih terlindungi,” tandasnya.

Dalam waktu dekat, hasil pertemuan dan diskusi tersebut akan dituangkan dalam bentuk ‘MoU’ agar segera dapat direalisasikan. (Yus/Tim)