SelayangNews.com, Dumai – PT. Chevron Pacifik Indonesia Dumai memberikan bantuan 250 paket sembako kepada nelayan melalui Dewan Pemgurus Cabang (DPC) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Dumai, Senin (29/21).

Bantuan tersebut diterima langsung oleh pengurus HNSI, Sekretaris Datok Syamsuri, Ketua Ahmad Chika, didampingi sejumlah pengurus lainya, di Kelurahan Bumi, Kecamatan Dumai Selatan Selatan, Kota Dumai.

Bantuan sembako itu yang nantinya akan di salurkan kepada nelayan yang terdampak Covid-19.

Unit Manager Communication, Relations, dan CSR RU II, Rudi Arief mengatakan paket sembako yang diberikan terdiri dari beras 5 Kg, minyak goreng 2 Liter, gula 1 Kg, sarden, kopi, susu dan teh.

“Kami berharap bantuan yang diberikan dapat membantu para nelayan yang sedang menghadapi masa sulit akibat pandemi Covid ditambah lagi bulan Ramadhan” ungkap Rudi Arief.

Ia menilai, nelayan menjadi salah satu profesi yang terdampak Covid, karena akibatnya harga jual ikan hasil tangkap menurun di pasaran sehingga mempengaruhi pendapatan para nelayan.

“Kami bekerjasama dengan organisasi Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Dumai untuk mendistribusikan paket sembako tersebut,” jelasnya.

Sekretaris HNSI, Datok Syamsuri yang menyambut kehadiran serah terima bantuan paket sembako menyampaikan ungkapan terima kasih kepada PT. Chevron Pacifik Indonesia atas bantuan yang diberikan.

“Kami bersyukur dan terima kasih atas bantuan yang diberikan yang inshAllah bermanfaat bagi kami,” kata Syamsuri.

Syamsuri berharap kerjasama antara PT. Chevron Pacifik Indonesia Kota Dumai dengan HNSI dapat berjalan terus dengan baik dengan berbagai program bermanfaat ke depannyadepannya

Datok Samsyuri memaparkan, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) merupakan organisasi masyarakat berbasis nelayan yang telah diformalkan oleh pemerintah. HNSI bersifat profesi, independen yang menganggap bahwa seluruh nelayan adalah anggota HNSI. Eksistensi organisasi HNSI lebih difokuskan pada pembinaan dan pemberdayaan serta menyuarakan nasib nelayan.

Ditambahkan Ketua HNSI Kota Dumai, Chika Ahmad mengatakan, sebagai wadah perjuangan nelayan seluruh Indonesia, HNSI memiliki visi berjuang untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan nelayan Indonesia. Sedangkan, Misi HNSI, antara lain mengusahakan terlaksananya modernisasi usaha perikanan, memberikan pembinaan bagi masyarakat nelayan dalam bidang penangkapan, budidaya, pengolahan, pemasaran, kegiatan usaha lain yang terkait, serta mendorong peran koperasi.

“Kita berharap agar nelayan sejahtera dengan bekerjasama dengan pemerintah. Maka dari itu juga HNSI butuh dukungan dan support dari berbagai pihak baik pemerintah juga perusahaan yang ada, mengusahakan terpenuhinya syarat pendukung peningkatan taraf hidup nelayan. Seperti sarana-prasarana usaha perikanan, modal usaha, perumahan, kesehatan, pendidikan serta lingkungan hidup yang layak bagi nelayan dan keluarganya. Peningkatan partisipasi nelayan guna percepatan pencapaian tujuan pembangunan nasional, sesuai dengan Visi Misi HNSI,” Tutup Chika mengakhiri.

Editor : Syarifah