SelayangNews.com, Dumai –  Pelabuhan terminal penumpang Pelindo cabang I Dumai akan di ambil alih operasional nya oleh Pemerintah Kota Dumai melalui PT Pelabuhan Dumai Berseri Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Dumai, Riau

Dalam konferensi pers yang di lakukan oleh PT Dumai Berseri turut hadir jajaran pengurus PT Dumai Berseri seperti Ir Hasbi sebagai Humas PT Pelabuhan Dumai Berseri, Edi Zulfan sebagai Marketing PT Pelabuhan Dumai Berseri, Hevitri Cristina, S.Pd sebagai Staff Keuangan dan administrasi umum operasional PT Dumai Berseri Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Dumai atau biasa di sapa akrab bu Cris.

Fhoto : Kondisi Ponton Baru Bagi Penumpang Terminal Penumpang Bandar Sri Junjungan yang berada Kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai Barat

” Kita sudah mempersiapkan pengoperasionalan Terminal Penumpang Bandar Sri Junjungan yang berada Kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai Barat ” ungkap Ir Hasbi Humas PT Pelabuhan Dumai Berseri.

Seluruh penumpang domestik dalam negeri dan luar negeri yang saat ini masih berada di Terminal Penumpang Pelindo Dumai nantinya akan dialihkan ke pelabuhan milik Pemerintah Kota Dumai dan di kelola oleh PT Dumai Berseri Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)

Menindaklanjuti hasil rapat tanggal 5 Desember 2018 di kantor Dinas Perhubungan kota Dumai, yang membahas tentang rencana persiapan pengoperasian pelabuhan terminal penumpang Kota Dumai ( Terminal Bandar Sri Junjungan ) maka dapat di sampaikan hal –  hal sebagai berikut :

1) Bahwa pembangunan dermaga pelabuhan penumpang (sisi laut) telah selesai di bangun dengan anggaran APBN sebesar Rp. 113 M.

2) Bahwa Pembangunan Gedung Terminal penumpang (sisi laut) dengan anggaran APBD Kota Dumai Rp. 5.37 M dan gedung kantor terminal penumpang dan Ro-ro dengan anggaran APBN sebesar Rp. 2.5 M telah selesai di bangun

3) Telah terbit surat keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor: BXI-121/PP 008 tanggal 27 September 2018 tentang pemberian izin pengoperasian terminal penumpang Dumai di Kelurahan Pangkalan Sesai Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai Propinsi Riau kepada penyelenggara Pelabuhan Dumai

4) Surat dari kantor kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan I Dumai Nomor: A1.503/01/04/KOSP. Dmi-2018 tanggal 27 September 2018 yang ditujukan kepada Direktur Jenderal Perhubungan laut di jakarta perihal kegiatan kerja sama pemanfaatan terminal penumpang pelabuhan Dumai

5) surat dari Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor. PP 002/5/8/DJPL-18 tanggal 12 November 2018

Apalagi berdasarkan surat pemberitahuan yang di keluarkan oleh Wali Kota Dumai Zulkifli AS MSi terkait pengoperasionalan pelabuhan penumpang tersebut. “Bahkan ke Pelindo pun sudah dikirimkan suratnya,” sebutnya.

“Kami sudah mendapatkan izin pengoperasionalan pelabuhan oleh Kementerian Perhubungan,“ ujar Humas PT Pelabuhan Dumai Berseri Badan Usaha Milik Daerah Kota Dumai, Riau, Ir Hasbi, Selasa (25/12/2018).

Soalnya dengan di pindahkan Terminal penumpang yang selama ini di laksanakan pengoperasional nya oleh PT. Pelindo I Cabang Dumai, pada saat ini akan pindahkan dan di operasionalkan sudah kita persiapkan dalam sebuah mekanisme yang baik langsung oleh Pemerintah Kota Dumai melalui PT Dumai Berseri Badan Usaha Milik Daerah kota Dumai, Riau.

Dengan pengoperasionalan Terminal Penumpang Bandar Sri Junjungan tersebut, Kami berharap dukungan dari seluruh lapisan Masyarakat Kota Dumai agar PAD Kota Dumai semakin meningkat dan dapat mensejahterakan masyarakat Kota Dumai. tutupnya.

Penulis : SelayangNews.com