SelayangNews.com, Dumai  Nina Yuslaini S.IP, M.Si Dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Islam Riau dan Abdul Ghafar S.STP Lurah Kelurahan Jaya Mukti, Kecamatan Dumai Timur merupakan salah satu kecamatan yang sering terjadi kebakaran hutan dan lahan

Manajemen berbasis masyarakat akan lebih baik diarahkan untuk kegiatan pencegahan daripada usaha pemadaman kebakaran.

Pencegahan kebakaran hutan merupakan salah satu komponen pengendalian kebakaran hutan yang mencakup semua cara untuk mengurangi atau meminimumkan jumlah kejadian kebakaran liar.

Pencegahan kebakaran hutan bukan bertujuan untuk menghilangkan semua kejadian liar tapi
Menghilangkan semua kejadian kebakaran hutan merupakan suatu hal yang sangat sulit dan tidak mungkin dilakukan.

Maka dari itu pemerintah membentuk tim pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang diambil dari masyarakat setempat di wilayah rawan kebakaran hutan, agar dapat mengendalikannya dengan kondusif.

Sesuai dengan peraturan menteri Kehutanan Nomor P.12/Menhut-11/2009 pada pasal 24
tentang pemberdayaan dan peran serta masyarakat kemudian pada pasal 35, pemberdayaan masyarakat sebagaimana dimaksud dalam pasal 34, dilakukan melalui:

a. Pendidikan dan Pelatihan
b. Penguatan Kelembagaan
c. Fasiltas
d. Penyuluhan

Penguatan kelembagaan sebagaimana dimaksud dalam pasal 35 huruf b, dilakukan melalui kegiatan Pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA).

Masyarakat Peduli Api (MPA) adalah suatu organisasi kelompok masyarakat yang dibentuk untuk membantu pemerintah dalam hal pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Pembentukan Organisasi Masyarakat Peduli Api (MPA) ini untuk dapat meminimalisir kebakaran hutan yang terjadi di Kecamatan Dumai Timur Kelurahan Jaya Mukti.

Oleh karena itu Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan
Ilmu Politik Universitas Islam Riau Nina Yuslaini,S.IP.,M.Si dan Sylvina Rusady,S.Sos.,M.Si dan dua orang mahasiswa FISIPOL UIR Zahratul Hayati dan Fatma Dewi melakukan pengabdian masyarakat dengan tema Masyarakat Peduli Api (MPA), pada hari Jum’at tanggal 16 Juni 2019 di Kelurahan Jaya Mukti Kecamatan Dumai Timur.

Editor : Syarifah