SelayangNews.com, Dumai – Sebanyak 50 paket sembako disumbangkan oleh Pertamina RU II Dumai kepada Dewan Pengurus Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (DPC HNSI) Kota Dumai, Selasa 9 Juni 2020.

Unit Manager Communication, Relations, & CSR RU II, Brasto Galih Nugroho mengungkapkan paket sembako yang diberikan terdiri dari beras 5 Kg, minyak goreng 2 Liter, gula 2 Kg, sarden, kopi, dan teh.

“Kami berharap bantuan yang diberikan dapat membantu para nelayan yang sedang menghadapi masa sulit akibat pandemi Covid,” ungkap Brasto.

Menurutnya nelayan menjadi salah satu profesi yang terdampak Covid, karena akibatnya harga jual ikan hasil tangkap menurun di pasaran sehingga mempengaruhi pendapatan para nelayan.

“Kami bekerjasama dengan organisasi Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Dumai untuk mendistribusikan paket sembako tersebut,” jelasnya.

Lebih jauh, Brasto menerangkan, pihaknya juga telah membina 14 nelayan yang tergabung dalam Kelompok Nelayan Tuna di Kelurahan Tanjung Palas melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) sejak tahun 2019.

“Program yang kami jalankan meliputi penambahan modal peralatan tangkap ikan bagi para nelayan seperti teknologi fish finder dan jaring tangkap serta kegiatan budi daya ikan lele sebagai pendapatan para nelayan di daratan,” tambah Brasto.

Mewakili masyarakat nelayan, Sekretaris DPC HNSI Kota Dumai di dampingi pengurus, Samsuri mengucapkan terima kasih kepada Pertamina Dumai yang telah ambil bagian untuk peduli. Ia mengatakan bantuan tersebut akan disalurkan kepada para warga nelayan di pesisir pantai Laut Dumai.

Samsuri mengimbau masyarakat agar menaati anjuran pemerintah untuk menghadapi wabah Covid-19 saat ini. Warga diminta terus menerapkan pola hidup bersih, dan sehat, menjaga jarak, tetap menggunakan masker saat berpergian.

Pembagian bantuan tersebut ditanggapi positif oleh warga. Jul (58), dan Emi Rostianti (50), menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya. Mereka berharap akan ada bantuan serupa mengalir untuk masyarakat yang membutuhkan.

Editor : Syarifah