Dumai, SelayangNews.com Subholding Gas Pertamina melalui salah satu anak usahanya yaitu PT Pertamina Gas di Operation Dumai Area (Pertagas ODA) menyalurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk Kelompok Tani Sri Gemilang, Pada hari Selasa (21/6).

Kegiatan tersebut dalam upaya mendukung pengembangan dan pengelolaan kegiatan budidaya perikanan yang sejalan dengan program peningkatan ketahanan pangan di Kota Dumai.

Bantuan kepada Kelompok Tani Sri Gemilang diberikan dalam bentuk 12.000 benih ikan gurami. Seremoni penyerahan bantuan dilaksanakan dalam kegiatan Tabur Benih Ikan Gurami yang dilaksanakan di Jln Garuda, Kelurahan Bumi Ayu, Kecamatan Dumai Selatan.

Turut hadir di kegiatan tersebut Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Dumai, Head QHSSE Pertagas ODA, Kepala Dinas Pertanian Kota Dumai, Camat Dumai Selatan, dan Lurah Bumi Ayu.

Andry Nurcahyo selaku Head QHSSE Pertagas ODA dalam sambutannya menyampaikan, Di tahun ini Pertagas memberikan bantuan kepada kelompok usaha tani dalam bentuk pembangunan saung sebagai tempat pelatihan pengembangan potensi kelompok dan penaburan benih gurami sebanyak 12.000 ekor.

“Kedepannya akan dikembangkan inovasi kompos untuk subtitusi kebutuhan pupuk bagi Kelompok Usaha Tani Sri Gemilang Bumi Ayu,” katanya.

Di tempat terpisah, Elok Riani Ariza Manager Communication, Relation & CSR Pertagas menyampaikan sebagai wujud peran serta perusahaan dalam meningkatkan ketahanan pangan, Pertagas akan mengembangkan potensi di wilayah Dumai dengan berkolaborasi bersama masyarakat dan dinas terkait dalam pengembangan kegiatan budidaya perikanan.

“Pertagas nantinya akan melakukan pendampingan, pelatihan dan penguatan kelompok dengan tujuan membantu Kelompok Tani Sri Gemilang menjadi semakin mandiri dengan kualitas hasil budidaya yang baik,” ungkap Elok.

Sementara itu, Muhammad Syafei, Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Dumai dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas atensi dan upaya yang dilakukan oleh Pertagas ODA kepada Kelompok Tani Sri Gemilang.

‚ÄĚSemoga progam ini dapat meningkatkan produksi kelompok dan nantinya mendorong peningkatan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat. Saya berharap bantuan ini bermanfaat dan menjadi contoh hendaknya bagi pembudidaya lainnya,” tutup Syafei.

Dalam menjalankan bisnis dan kegiatan operasionalnya Pertagas berkomitmen untuk selalu berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasi melalui berbagai program CSR. Harapannya bantuan yang diberikan untuk pengembangkan budidaya perikanan ini tidak hanya membantu meningkatkan kemandirian dan ketahanan pangan namun juga meningkatkan geliat usaha dan perekonomian masyarakat di Kota Dumai. (LK)

Editor: Ridwan