SelayangNews.com, Dumai – Tempat ke empat yang jadi pelaksanaan rapid test Covid-19 dilaksanakan di pasar Bundaran, sebagai antisipasi penyebaran virus Corona.

Foto : Tempat ke Empat Yang Jadi Pelaksanaan Rapid Test Covid-19 Dilaksanakan di Pasar Bundaran, Sebagai Antisipasi Penyebaran Virus Corona. Kamis pagi (4/6/2020). Kompas Riau.

Berkaitan hal tersebut, target 200 pedagang pasar Bundaran jadi prioritas, Kamis pagi (4/6/2020). Namun tidak menolak jika ada masyarakat umum yang mau mengikuti rapid test.

Ada 2 titik tempat pelaksanaan rapid test, pertama diteras rumah Sutejo. Kedua diteras rumah marga Sianturi.

Sesuai target Walikota Dumai, Drs H Zulkifli AS,MSi, bahwa akan dilaksanakan rapid test bagi 1000  pedagang di seluruh pasar kota Dumai.

Mulai dari pasar Bunda Sri Mersing dan Pulau Payung, pasar Senggol, pasar Dock, pasar Bundaran, pasar Jaya Mukti dan terakhir pasar Bukit Kapur.

Dalam pelaksanaan rapid test Covid-19 kali ini, petugas pelaksana yang bertumpu di teras rumah Sutejo (yang juga merupakan Rumah Musyawarah Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma, RMPKBP), terdiri dari 1 orang Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) Puskesmas Medang Kampai, 1 orang tenaga Surveilance puskesmas Medang Kampai, 1 orang Dinas Kesehatan dan 1 orang petugas posko Gugus Tugas.

Sementara petugas yang bertumpu di teras rumah marga Sianturi, terdiri dari 1 orang Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) Puskesmas Jayamukti, 1 orang tenaga Surveilance Puskesmas Jayamukti, 1 orang Dinas Kesehatan dan 1 orang berasal dari posko Gugus Tugas.

Para pedagang pasar kurang minat untuk mengikuti rapid test Covid-19 tersebut. Tampak kursi-kursi yang tersedia hanya diisi beberapa orang, padahal rapid test Covid-19 tersebut tidak di pungut biaya alias gratis.

Beberapa kali Bhabhinkamtibmas, aparat Kelurahan dan aparat dinas Kesehatan berseru menggunakan speaker jinjing mengajak para pedagang untuk mengikuti rapid test, namun sepi peminat.

Pelaksanaan rapid test Covid-19 tetap mengikuti protokol Covid-19, seperti cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak. Bahkan petugas pelaksana menggunakan baju Hazmat, sarung tangan karet, masker, face shield dan peralatan penunjang lainnya.

Setiap orang yang selesai mengikuti rapid test akan didata nomor teleponnya, yang mana nantinya akan dihubungi jika hasil tes laboratorium sudah keluar. Orang yang selesai mengikuti tes akan di berikan kapsul suplemen vitamin 1 papan.

Tampak hadir dalam acara pelaksanaan rapid test Covid-19 tersebut, Camat Dumai Timur, Zulfahren, Kapolsek Dumai Timur, Kompol Ade Zaldi S.Farm, Apt, SIK, Kadis Perdagangan Kota Dumai, Zulkarnaen, Lurah Bukit Batrem, Syafrudin, Bhabhinkamtibmas Bukit Batrem, Aiptu Roy Tampubolon, Babinsa Bukit Batrem, Serma Azman, Kabid P2P Nurbaity, Kepala Puskesmas Jayamukti, dr Analiza Rindani, pejabat TU Puskesmas  Jayamukti Tora, Rt 01 Safir, RT 02 Jumani, 5 orang mahasiswa magang UNRI dan pengelola Pasar Bundaran Suprapto.

Pelaksanaan kegiatan tidak luput dari pengamanan aparat Polsek Dumai Timur dengan dibantu 4 orang petugas Satpol PP Kota Dumai.

Menurut jadwal besok Jumat 5/6/2020 pelaksanaan rapid test akan diadakan di pasar Jayamukti. (KR)

Editor : Syarifah