SelayangNews.com, Dumai – Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai dr. Syaiful, MKM meninjau Pelabuhan Internasional Pelindo Dumai. Minggu (25/4/21).

Tinjauan ini dalam rangka Melihat kesiapan Pelabuhan Internasional Pelindo Dumai, dan kesiapan dalam menangkal penyebaran Covid-19 dikarenakan dalam waktu dekat sebanyak kurang lebih 5 ribu Pekerja Migran Indonesia (PMI) akan pulang ke tanah air, dari Malaysia, dan kemungkinan besar pelabuhan Internasional (Pelindo) kota Dumai, menjadi pintu masuknya.

Sebelum dilakukan kunjungan ke lokasi, Plt Kadiskes Kota Dumai melaksanakan lebih rapat koordinasi bersama Plt Direktur Jendral P2P Kemenkes RI, Maxi Rein Rondonuwu, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, dan Forkopimda Kota Dumai di ruang rapat Wan Dahlan Ibrahim, Jl. Putri Tujuh.

Plt Direktur jendral  P2P Kemenkes RI, Maxi Rein Rondonuwu mengungkapkan bahwa Kota Dumai merupakan salah satu daerah yang paling dekat dengan Malaysia.

“Karena letak Kota Dumai dekat dengan Malaysia, maka kemungkinan besar pemulangan PMI dari Malaysia akan melalui Pelabuhan Internasional Kota Dumai.” ucapnya.

Beliau juga mengatakan, Pemerintah Pusat melalui BNPB RI akan membantu dua alat alat PCR Test Mobile, yang bisa digunakan untuk melakukan tes PCR terhadap PMI yang akan datang.

Pada kesempatan ini dr. Syaiful mengatakan bahwa selain meninjau pelabuhan, beliau juga akan memastikan terkait lokasi karantina PMI dan

“Saya akan menindaklanjutinya kepada Walikota dan hotel hotel yang ada di Dumai, dan mencari titik terang persoalan karantina, karena perlu adanya anggaran karantina.” ungkapnya.

Dalam hal ini dr. Syaiful mengucapkan terima kasih atas kunjungan Dirjen ke Kota Dumai turut serta memantau kesiapan Kota Dumai menyambut kepulangan PMI ke Indonesia.

“Alhamdulillah, berkat kunjungan Dirjen, beliau memberikan sekitar 800 rapid anti gen kepada kita, akan kita pergunakan sebaik mungkin,” pungkasnya. (DD).

Editor : Syarifah