SelayangNews.com, Dumai – Karena tidak ada nomor izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan sudah kadarluarsa serta mengandung bahan berbahaya, kini Ribuan Produk Ilegal yang disita dari instansi tersebut menumpuk di gudang BPOM, Kamis (20/06).

“ Nantinya produk-produk ilegal tersebut seperti minuman kemasan, jamu, kosmetik dan lain-lain dari berbagai merek mungkin akan kita musnahkan pada akhir tahun ini,” jelas Kepala BPOM Kota Dumai, Emy Amelia, S.Farm, Apt, M.Sc  melalui ULPK, Yulianni Setiawati, S.Farm.Apt

Oleh karena itu, ia meminta kepada pelaku usaha untuk dapat memperhatikan produk-produk yang dijualnya, terutama nomor izin edar dari BPOM. “ Kalau tidak ada itu, jelas produk-produk yang dijual itu nantinya akan kita amankan,” tegasnya.

Sebenarnya untuk diketahui, mengurus nomor surat izin edar BPOM itu adalah sangat mudah, cukup menghubungi atau datang langsung ke Kantor BPOM Kota Dumai yang beralamat Jalan Hang Tuah Nomor 51 A-51 B Kelurahan Buluh Kasab, Kecamatan Dumai Timur dengan melampirkan Izin Usaha Industri dan NPWP.

“ Dan nantinya akan kita audit dan setelah itu si pelaku usaha dapat melakukan registrasi  ke e-registration.pom.go.id dan ini jelas gratis,” ujarnya

Lebih lanjut ia mengatakan, selain produk-produk ilegal yang tidak ada izin edar BPOM, BPOM juga mengamankan produk-produk yang sudah kadarluarsa dan mengandung bahan-bahan berbahaya seperti Boraks, Rhodimin B, Methanyl Yellow dan Pengawet Mayat.

“ Tentunya untuk melakukan pengetesan itu untuk sementara waktu kita menggunakan tes kit. Karena sampai saat ini laboratorium, kita belum punya. Jadi untuk sementara kita melalui tes kit saja dulu,” jelasnya lagi.

Sumber : Diskominfo
Editor    : Syarifah