SelayangNews.com, Makassar – Sedikitnya 40 Jurnalis dan Humas dari berbagai media dan instansi akan mengikuti pelatihan jurnalistik II yang diselenggarakan Pusdiklat Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kawasan Timur Indonesia (KTI). Mereka akan “Dikarantina” selama dua hari di Balai PAUD dan Dikmas Kemendiknas Makassar.

Ketua JOIN Sulsel menjelaskan, peserta pelatihan berasal dari beberapa media baik yang ada di Sulsel maupun provinsi lain serta Humas instansi yang khusus diundang.

Rifai berharap, pelatihan ini dapat mengasilkan jurnalis handal dengan bekal pengetahuan ilmu jurnalistik mumpuni.

“Selain teori juga langsung dilakukan praktek dan dinyatakan lulus memperoleh sertifikat Pusdiklat JOIN,”ujarnya.

Agar mutu pelatihan ini tak diragukan, kata Rifai, pihaknya sengaja menghadirkan pemateri memiliki sertifikasi kepelatihan jurnalistik diantaranya Drs.Asnawin Aminyddin, MSi (pelatih nasional PWI), Ronald Ngantung (Wapimred TribunTimur), Zulkifli Gani Ottoh ( Ketua PWI Pusat Bid. Kerjasama), Zulkarnain Hamson (Direktur Pusdiklat Join KTI/ Wakil Rektor IV UIT).

“Mereka memiliki integritas kuat di dunia jurnalistik bukan jurnalis warung kopi yang lihai melancarkan gosip murahan,” jelas Rifai.

Lanjut dikatakan, usai Diklat ini JOIN Sulsel untuk pertama kali juga akan melaksanakan Uji Kompetensi Jurnalis (UKW) Angkatan I.

“UKW ini akan diikuti anggota Jurnalis Online Indonesia (JOIN) se Sulawesi dan Kalimantan,” ujar salah satu pendiri JOIN ini. (*)

Editor : Syarifah