SelayangNews.com, Dumai – Wakil Walikota Dumai Amris, S.Sy Menghadiri Sekaligus membuka acara Grand Final Pemilihan Duta Genre (Generasi Berencana) Tingkat Kota Dumai Tahun 2021 di Ballroom Hotel Grand Zuri. Selasa (06/04/2021).

Pada acara Grand Final yang bertema “1.000 Mimpi Ditengah Pandemi” ini turut dihadiri Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Dra. Mardalena Wati Yulia, M.Si.

Program genre adalah salah satu program dari BKKBN yang dikembangkan untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja, melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu menyelesaikan pendidikan, berkarir dalam pekerjaan secara terencana sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Program Genre menjadi wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menghindari pernikahan dibawah umur, seks Pra Nikah, dan menjauhi Napza sehingga menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kota Dumai, saya apresiasi kepada Dinas PPKB Kota Dumai yang telah menyelenggarakan kegiatan yang positif ini,” ucap Wakil Wali Kota Dumai Amris, S.Sy dalam kata sambutannya.

Beliau berharap kepada Duta Genre Kota Dumai harus bisa menjadi role model kalangan remaja. Duta Genre juga harus meningkatkan kualitas pemberian informasi, pendidikan, dan konseling dilingkungan remaja sesuai dengan tujuan Program Genre.

“Bersainglah secara sehat, kalah dan menang dalam sebuah kompetisi adalah hal yang biasa. Yang terpenting adalah disaat anak-anak kami tumbuh dewasa, memiliki bekal yang cukup untuk menghadapi tantangan kehidupan kedepannya,” ujarnya.

Dalam acara ini, Perwakilan BKKBN Provinsi Riau menyerahkan piagam penghargaan sekolah kependudukan paripurna dari BKKBN Pusat kepada SMA Negeri 5 Dumai. Piagam ini adalah satu-satunya yang diraih oleh sekolah yang ada di Provinsi Riau.

Sebelum acara ditutup, Duta Genre terpilih diberikan piagam dan hadiah yang diserahkan langsung oleh Wakil Wali Kota Dumai. (DD).

Editor : Syarifah