SelayangNews.com, Dumai – Walikota Dumai, H Zulkifli As mengajak Umat Islam untuk meningkatkan pedalaman, penghayatan dan pengamalan Ayat-Ayat Allah. Hal ini dikatakannya saat acara penutupan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) di Kantor Camat Medang Kampai, Malam Rabu (25/6).

“ Saya berharap, di balik semarak syiar MTQ yang dilaksanakan kali ini, kita juga dapat meningkatkan pendalaman, penghayatan dan pengamalan makna Ayat-Ayat Allah baik yang ada di dalam Al Qur’an maupun yang ada di sekeliling kita, karena semuanya adalah dalam kekuasaan Allah SWT,” ujarnya.

Ia mengatakan Al-Quran diturunkan oleh Allah SWT dengan tujuan agar kasih sayang dan pedoman hidup dijalan yang lurus dapat dipahami secara jelas selaku hamba.

“ Karena itu, sebagai seorang muslim kita berkewajiban untuk menggali hikmah dan makna yang terkandung dalam kitab suci Al-Qur’an. Dimana menurut pemuka agama, kemampuan dalam memahami Al-Qur’an itu dibedakan dalam beberapa tingkatan,” sebutnya

Ada pemahaman harfiah yang dapat ditangkap oleh orang awam. Namun diatasnya terdapat tingkat-tingkat pemahaman yang memerlukan ketekunan dan kesungguhan lebih untuk dapat memahami arti dan tafsir sesungguhnya.

“ Karenanya MTQ  yang telah kita laksanakan diharapkan mampu menjadi ajang yang tidak hanya sekedar momentum untuk melatih dan bertanding membaca, tetapi juga momentum yang baik untuk berkompetisi dalam memahami substansi ayat suci al-Quran dengan benar dan tepat,” ujarnya lagi.

Dalam acara tersebut hadir Camat Medang Kampai, M Zakir, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Para Lurah dan Tamu Undangan lainnya.

Sumber : Diskominfo
Editor    : Syarifah