SelayangNews.com, Dumai – Wali Kota Dumai H. Paisal, SKM, MARS menghadiri sekaligus membuka kegiatan Itikaf dan Silaturahmi Pemerintah Kota Dumai di Masjid Habiburrahman, Jalan H.R. Soebrantas. Minggu (2/5/2021).

Kegiatan yang ditaja Pemerintah Kota Dumai melalui Bagian Kesra Kota Dumai ini juga dihadiri oleh ASN dilingkungan Pemerintah Kota Dumai.

Wali Kota Dumai, H. Paisal dalam sambutannya mengatakan bahwa Itikaf ini merupakan upaya mendapatkan nilai kedekatan diri kepada Allah Swt, sunnah-sunnah Nabi Saw tetap dapat kita jalani.

Itikaf dalam konteks ibadah Islam adalah berdiam diri dalam masjid untuk mencari keridhaan Allah SWT dan muhasabah atas perbuatan yang telah dilakukan hidup di dunia.

“Amalan Itikaf saat Ramadan ini adalah amalan yang dianjurkan dan dapat menambah keberkahan Allah. Itikaf saat Ramadan adalah aktivitas rutin yang dilakukan Rasulullah,” sebut Wali Kota Dumai.

Beliau juga mengatakan ketika bulan Ramadhan sudah memasuki sepuluh hari ketiga (10 terakhir) Rasulullah saw semakin bersunggung-sungguh dan tekun beribadah. Ini dilakukan supaya tidak kehilangan kesempatan emas yang masih tersisa di sepuluh hari terakhir.

Aisyah meriwayatkan,

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ النَّبِيُّ أِذَادَخَلَ الْعَشْرُ شَدَّ مِئْزَرَهُ وَأَحْيَالَيْلَهُ وَاَيْقَظَ أَهْلَهُ

Diriwatkan dari Aisyah ra. Ia berkata: Apabila memasuki hari sepuluh terakhir bulan Ramadhan, Rasulullah saw mengencangkan pakaian bawahnya, menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya. (HR Al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud, an-Nasa’i dan Ibnu Majah)

Pelaksanaan Itikaf ini dilaksanakan dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan karena masih dalam masa pandemi.

Peserta itikaf wajib mengenakan masker, menjaga jarak, membawa hand sanitizer/mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir serta membawa perlengkapan ibadah sendiri.

“Selanjutnya, ceramah atau kegiatan kajian selama pelaksanaan itikaf dilakukan paling lama 30 menit.” katanya.

Pada pukul 03.00 WIB, H. Paisal bersama seluruh jemaah melaksanakan Sholat Tahajud berjamaah dan dilanjutkan dengan Sahur bersama. (DD).

Editor : Syarifah