SelayangNews.com, Dumai – Sabtu (23/3/2019), Jambore Panti Asuhan Se-Kota Dumai, resmi dibuka oleh Walikota Dumai Zulkifli AS.MSi

Bertempat di gedung Sri Bunga Tanjung jalan Putri Tujuh, Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai

Turut hadir Walikota Dumai, Danlanal, Dandim, Kapolres Kota Dumai, Kadis Sosial Hasan Basri S.Kom, Ketua KKKS Kota Dumai Hj. Haslinar Zulkifli AS, S.Sos, M.Si, Motivator dari Bogor bapak Syaiful Hamdi Naumin, Baznas Kota Dumai, Ketua Forum Komunikasi Panti Asuhan Tk, Pusat, Ketua Forum Komunikasi Panti Asuhan Tk. Propinsi, Forkopimda Kota Dumai, Kepala OPD/mewakili, Ketua GOW Kota Dumai beserta rombongan, Ketua DW Kota Dumai beserta rombongan, Ketua IKD Kota Dumai beserta rombongan Ibu-ibu utusan organisasi wanita dan ibu-ibu kelompok Dasawisma Se-Kota Dumai, Camat/Lurah Se-Kota Dumai, Pengurus KKKS, Para Pengurus Panti dan Anak-anak Panti Asuhan Se-Kota Dumai.

Dalam kata sambutan nya Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (KKKS) Kota Dumai Hj. Haslinar Zulkifli AS, S.Sos, M.Si mengatakan KKKS adalah Forum Koordinasi Kegiatan Sosial Tingkat Kota yang merupakan mitra Pemerintah Kota Dumai  yang mendukung program serta kegiatan Pemerintah di bidang pemberdayaan dan pelayanan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), pengembangan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) serta penanganan permasalahan sosial, menggalang peranserta sosial masyarakat, dan mendorong tumbuhnya kepedulian sosial agar terbangun masyarakat yang peka sosial.

” Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (KKKS)  Kota Dumai terbentuk berdasarkan  Surat Keputusan Walikota Dumai  No. 419/Dinsos/2016 pada Tanggal 1 Agustus 2016, yang sampai saat ini sudah berjalan 3 (tiga) tahun, Para pengurus dan anggota kelompok kerja KKKS Kota Dumai adalah relawan sosial yang mempunyai kompetensi, dedikasi dan kepedulian yang tinggi dalam penanganan dan pengembangan usaha kesejahteraan sosial, ” ucap Hj. Haslinar Zulkifli As, S.Sos, M.Si

Lanjutnya,” Dalam mewujudkan tanggung jawab sosial terhadap penanganan dan pengentasan masalah kesejahteraan sosial di Kota Dumai yang sangat beragam dan luas cakupannya, KKKS Kota Dumai akan meningkatkan kerja sama baik kepada Pemerintah, swasta maupun organisasi sosial serta mengajak masyarakat untuk mau peduli terhadap Usaha Kesejahteraan Sosial sehinggga diharapkan terjadi peningkatan PMKS yang Mandiri, ” ujar Ketua KKKS Kota Dumai Hj. Haslinar Zulkifli As, S.Sos, M.Si

” Tugas pokok KKKS Kota Dumai antara lain melakukan koordinasi dan kemitraan dengan pelaku penyelenggaraan pemberdayaan dan pelayanan penyandang masalah kesejahteraan Sosial, melakukan Pembinaan kepada Orsos/ Lembaga Sosial, Menggalang peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial, menyelenggarakan forum komunikasi dan konsultasi dalam menyelenggarakan Kesejahteraan Kesejahteraan Sosial, Melakukan Kegiatan Pelayanan terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial, ujarnya

Dalam mengimplementasikan tugas pokok tersebut, KKKS Kota Dumai telah melakukan beberapa kegiatan selama KKKS berdiri sejak Tahun 2016 lalu, salah satunya Jambore Panti Asuhan seperti yang kita lakukan dalam 2 (dua) hari ini.

Jambore ini dilaksanakan untuk 11 Panti Asuhan Se-Kota Dumai, yang diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain motivasi oleh motivator yang kita datangkan dari Bogor, disertai dengan lomba-lomba yang memotivasi dan pembentukan karakter anak-anak Panti.

Tema Jambore pada tahun ini yaitu “DENGAN JAMBORE PANTI ASUHAN KITA BANGUN SIKAP KEMANDIRIAN, PERCAYA DIRI, DAN PENINGKATAN KETERAMPILAN ANAK ASUH.”

Adanya Jambore Panti Asuhan ini, memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan dan perlindungan anak-anak di Kota Dumai.

Keberadaan panti asuhan merupakan alternative solusi yang masih signifikan dalam memberikan pengasuhan alternative bagi anak-anak yang telah kehilangan hak asuh dalam keluarga, sehingga hak-hak anak masih dapat terpenuhi.

Kegiatan tersebut, tentunya tidak akan terlaksana tanpa dukungan dan kerjasama yang baik dari Pemerintah Daerah dan dukungan dari pihak swasta/lembaga maupun kelompok masyarakat. Pada kesempatan ini kami menyampaikan apresiasi ucapan terima kasih kepada pihak yang telah berpartisipasi dalam acara ini, yaitu Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Sosial Kota Dumai, Hotel Grand Zury Dumai, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, PT. Pertamina, PT. Pelindo I Cabang Dumai, PT. KLK, Toko Buku Surya Ananda, Bpk/Ibu Pengurus K3S Kota Dumai.

” Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada hari ini, semoga sumbangsih dari Bpk/Ibu sekalian menjadi ladang amal di akhirat nanti, Aamiin YRA”, tutup Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (KKKS) Kota Dumai Hj. Haslinar Zulkifli AS, S.Sos, M.Si

Kepada selayangnews.com, Walikota Dumai mengatakan apresiasinya atas terlaksananya Jambore Panti Asuhan Se-Kota Dumai.

Editor : Syarifah